Selasa, 29 Oktober 2013

Perbandingan Oppo N1 Vs Sony Xperia Z1

Baru-baru ini pasar gadget tanah ait telah kedatangan beberapa smartphone dari beberapa vendor terkenal yang mana kualitas dan performa yang dimiliki tak diragukan lagi. Sebelumnya, Sony telah resmi memasarkan Sony Xperia Z1 dengan keunggulan pada kamera dengan sensor 20 MP. Tak ingin kalah dengan vendor lainnya, Oppo sebagai pendatang baru juga telah merilis smartphone terbarunya yan juga telah dipasarkan di Indonesia yakni, Oppo N1. Perangkat Oppo N1 juga memiliki kelebihan pada sisi kamera. Lantas manakah diantara keduanya yang lebih bagus ?


Spesifikasi Oppo N1

Oppo N1 sendiri merupakan smrtphone pertama dengan inovasi terbaru yang menghadirkan kamera yang bisa diputar hingga 206 derajat dengan sensor 13 MP serta dilengkapi dengan sensor CMOS. Dengan kamera yang bisa diputar pada Oppo N1 semakin memudahkan pengguna pada saat pengambilan gambar melalui kamera dari sisi depan maupun belakang.


Dengan menggandeng salah satu 'tukang Oprek' Custom ROM CyanagenMod besutan Steve Kondik sebagai pencetus CyanogenMod yang beranggotakan 17 orang mampu menempatkan Oppo terbaru N1 dijajaran smartphone kelas atas.


Selain tertanam ROM CyanogenMod, Oppo N1 juga didukung dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Dengan berbekal Chip Snapdragon 600 dengan kecepatan 1,7GHz, GPU Adreno 320 dan RAM 2GB untuk performa lebih stabil dan multitasking yang lebih ringan.


Sementara itu, selain hasil jepretan yang lebih bagus dengan dukungan Fujitsu, Oppo N1 juga memiliki fitur (O-Touch Panel) yang terdapat pada panel bagian belakang ponsel untuk penggunaan yang lebih mudah.


Oppo N1 sendiri mengusung layar seluas 5,9 inci IPS dengan resolusi Full HD 1920×1080 piksel (377 ppi). Dengan dukungan baterai sebesar 3610 mAh dan berjalan pada OS Android 4.2 jelly bean. Sedangkan pada konektifitas, Oppo N1 didukung dengan konektifitas seperti Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0 dan NFC.


Spesifikasi Sony Xperia Z1

Sony Xperia Z1 memang seperti yang dikabarkan sebelumnya, dengan mengusung kamera yang lumayan handal yakni dengan kamera 20.7 MP dilengkapi dengan Sony G Lens f/2.0, Exmor RS, Sony BIONZ Image Processor. Kehadiran Xperia Z1 tersebut memang sengaja untuk menjadi pesaing terberatnya seperti Nokia Lumia 1020 dengan 41 MP.


Smartphone yang memiliki keunggulan pada kamera 20,7 MP tersebut juga mampu menghasilkan video dengan resolusi HD 1080p. Selain itu, pada fitur kamera Sony Xperia Z1 juga telah disediakan oleh pengembang beberapa aplikasi pendukung untuk fitur yang ada dalam Xperia Z1 tersebut.


Sementara itu, teknologi yang diusung Sony Xperia Z1 adalah adanya teknologi seperti Sony G Lens dengan aperture f/2.0 untuk pengambilan gambar meskipun dengan cahaya rendah. sensor Exmor RS, Sony BIONZ image processor.


Dalam spesifikasi hardware, Sony Xperia Z1 hadir dengan bodi 8.5mm, layar sebesar 5 inci resolusi full HD dengan teknologi Triluminos, selain itu perangkat Z1 tersebut juga tahan air dan debu seperti yang ditemukan pada Xperia Z Ultra. Didukung prosesor quad-core Snapdragon 800 dengan kecepatan 2.2GHz , RAM 2GB, memori internal sebesar 16GB ditambah slot micro sd hingga 32 GB dan didukung baterai berkapasitas 3.000 mAh.


Sony Xperia Z1 akan berjalan menggunakan Android jelly bean 4.2.2. Sayangnya, Harga Sony Xperia Z1 tersebut masuh belum diumumkan sampai saat ini, namun perangkat terbaru Sony tersebut akan mulai dipasarkan bulan September ini dan hadir dengan 3 varian warna, hitam,ungu dan putih.


Kesimpulan

Oppo N1 memiliki kamera dengan sensor lebih kecil 13 MP namun mampu berputar, sedangkan pada Xperia Z1 tak mampu berputar, namun memiliki sensor yang lebih tinggi dengan 20, 7 MP beserta fitur dan teknologi yang disebutkan diatas. Sedangkan untuk performa, Tampaknya Xperia Z1 lebih unggul dengan prosesor serta RAM yang dimiliki.


Harga Oppo N1 dan Sony Xperia Z1

Untuk harga Oppo N1 dibanderol dengan harga dikisaran Rp 6,9 jutaan denga fitur terbaru yang inovatif. Sedangkan untuk harga Sony Xperia Z1 dibanderol dengan harga dikisaran Rp 8,5 jutaan.


0 komentar:

Posting Komentar